KKN UNSULBAR Gelombang VII angkatan 2016 Desa Sayoang




Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sulawesi Barat dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2016 s/d 11 Desember 2016.

Selamat pagi semuaa....
dalam season kali ini saya berbagi cerita mengenai pengalaman saya berKKN di desa pelosok nan jauh dari orangtua,hehe
namun sebelum berada didesa lokasiku kuliah kerja nyata, saya akan mulai bercerita dari tahap pembayaran yang serba dadakan.

Untuk kesekian kalinya, perkenalkan namaku Desy Andar Sari mahasiswa Akuntansi angkatan 2013 Universitas Sulawesi Barat. Nim C02 13 056.
sebelumnya kami para mahasiswa angkatan 2013 khususnya jurusan akuntansi sangat ingin cepat-cepat melaksanakan KKN dikarenakan mungkin sudah siap untuk terjun langsung dan berinteraksi dengan masyarakat atau mungkin dikarenakan sudah bosan dengan pelajaran yang ada dikampus (maklum sudah senior,wkwk). banyak cerita menarik yang kami dapatkan dari senior yang pernah sekelas belajar dengan kami ataupun cerita dari dosen-dosen luar biasa kami mengenai pengalaman mereka mengenai KKN.
untuk mengefesiensikan waktu (ala-ala bahasa mahasiswa) saya memulai dengan pembayaran yang sudah sangat telat untuk membayarnya dikarenakan dana orang tua yang belum ada, kisaran pembayaran kami untuk KKN angkatan 2016 UNSULBAR itu berkisar Rp935.000. saya membayar pada hari terakhir pembayaran, sore hari pukul 16.00 WITA di kantor LPPM UNSULBAR (khusus menangani KKN). untungnya kepengurusan dalam kampus UNSULBAR itu serba mudah, jadi jika ingin mendaftar cukup lampirkan nilai KHS hingga semester 6, Slip Pembayaran dan duitss 935.000 dollarr (wkwkwk
adapun persayaratan jika ingin mengikuti KKN UNSULBAR yakni 
-telah memenuhi kuranhg lebih 100 KHS
-tidak memiliki lebih dari 3 Matakuliah dalam semester 7 ini
-dan siap mematuhi seluruh aturan yang dibuat oleh Kampus
kayaknya hanya itu deghh...

Dan pengurus LPPM pun sangat welcome dalam menerima mahasiswa, pokoknya pelayanannya memuaskan. seingatku pada saat mendaftar bersama teman-teman ruangan kami dan 1 orang pengurus LLPM UNSULBAR alias k' Lia (saat ini sudah pindah bersama suami ke Palu, Sulteng) bercerita mengenai apa yang akan terjadi nanti ketika kami KKN kelokasi terpencil. Saya memang sudah menargetkan kelokasi yang jauh dari pelosok dikarenakan sudah memahami warga-warga yang di desa terpencil pasti akan ramah dan baik-baik berbeda di lokasi yang tempatnya sudah terjangkau transportasi dan jaringan, mereka lebih cenderung sibuk dengan uruasn masing-masing, tapi ini baru pendapatku koq belum pada faktanya ketika berada dilokasi, adapun alasan lainnya saya ingin berKKN didaerah pelosok karena ini KKN saya yang hanya bisa dirasakan sekali seumur hidup.

Nahh seiring dengan berjalannya perkuliahan, kami menunggu informasi kapan akan dilaksanakannya KKN gel.VII UNSULBAR angkatan 2016 namun sebelum itu pasti akan ada pembekalan agar mahasiswa mengerti apa yang akan dilakukan saat berada ditengah-tengah masyarakat nanti. kami baru mengetahui bahwa KKN UNSULBAR tahun 2016 dilaksanakan minggu depan, yaa sangat dadakan sehingga terasa begitu cepat bagiku walau sebenarnya ingin cepat-cepat namun tetap saja terasa belum siap karena pastinya akan meninggalkan kampung halaman dan mencoba beradaptasi ke lingkungan lain selama sebulan. karena kami Akuntansi 2013 sebentar lagi ingin KKN dan masih ada 3 matakuliah yang belum selesai, membuat dosen berbondong-bondong ingin segera menyelesaikan perkuliahannya, tentu saja  membuat jadwal kami para mahasiswa menjadi full, sehari diisi oleh 3 matakuliah, belum lagi kami mempersiapkan barang-barang, mental dan jiwa yang kuat (hahaha)
saking padatnya jadwal saya tidak sempat menghadiri pembekalan di hari pertama karena ada agenda mensosialisasikan organisasi KOPHI SULBAR ke mamuju. Disana saya bertemu dengan orang-orang baru yang ingin mengetahui organisasi ini lebih lanjut dan bersedia megambil tanggungjawab untuk mensosialisasikan organisasi ini kedepannya.


ini foto saya waktu berada di tempat wisata Mangrove, Kalukku

Comments

Popular posts from this blog

Ini Fakta!!! Sulitnya Memimpin Organisasi

Gambar kata - kata bijak, sulawesi punya