PENDAFTARAN BEASISWA DJARUM SULBAR 2016


Selamat pagi Sobat...
Kali ini saya akan bahas mengenai beasiswa djarum 2016/2017 khususnya di provinsi Sulawesi Barat, karena saya berada didaerah itu jadi hanya bisa menceritakan kondisi penyeleksian di sulawesi barat saja.




Perkenalkan dulu nama saya Desy Andar Sari, jurusan Akuntansi fakultas ekonomi, Universitas Sulawesi Barat angkatan 2013.
Saya mengetahui info ini dari website Djarum beasiswa (www.djarumbeasiswaplus.org), dosen, senior dan teman, namun karena lebih diperuntukkan untuk Mahasiswa semester 4, saya jadi tidak semangat untuk mendaftar karena berpikir sudah pasti gagal, tohh yang dicari cuman semester tsb karena waktu saya mendaftar sekarang sudah semester 6. Sebenarnya saya juga menunggu – nunggu pendaftarannya pada saat semester 4 tapi UNSULBAR pada saat itu tidak dapat mengikuti testnya sebab tidak terdaftar karena hanya Kampus yang terdaftarlah yang boleh ikut test. Yahhh pupus sudah harapan saya pada saat itu. Setahun berlalu akhirnya kampusku bisa ikut test dan satu – satunya perwakilan dari Sulbar.
Awalnya g’ mau ikut testnya karena alasan tadi, bukan faktor umur yaa hanya saja senioritas hahaha, tapi karena teman seangkatan juga daftar makanya saya mencoba beranikan diri ikut daftar juga. Saat  itu deadlinenya tanggal 27 Mei 2016, saya mengetahuinya pada tanggal 24 Mei atau 3 hari sebelum batas deadline.
Tahap seleksinya kayak gini sobat Mooje:
-          Daftar Online Djarum Beasiswa plus Beasiswa Djarum 
-          Mengirim berkas (deadline 27 Mei 2016)
-          Info Kelulusan berkas (6 – 15 juni 2016)
-          Test Wawancara (16 Juni 2016)
-          Info kelulusan (akhir bulan agustus)

DAFTAR ONLINE
 daftar onlinenya pun sangat mudah dan berisi petunjuk – petunjuk jadi bagi pemula sangat jelas untuk bisa menfdaftar di djarum beasiswa Plus  (Beasiswa Djarum)
bercerita sedikit tentang pendaftaran online yang saya lakukan dengan teman, seingatku waktu itu teman saya si Ardy datang berkunjung ke kosku, dengan maksud mengajak dan meminta surat keterangan aktif berorganisasi dari saya (sehubung saya ketua Organisasi KOPHI SULBAR
2015-2017) karena kami seangkatan tahun 2013 dan sudah sama-sama semester 6, kami mencoba mendaftar online dikosku pada saat itu juga, tohh daftar onlinenya gratis. kurang lebih setengah jam selesailah pendaftaran yang kami lakukan.
PENGIRIMAN BERKAS
Nah setelah mendaftar secara Online, selanjutnya kami disuruh untuk mengirim berkas berupa,
-          Bukti Pendaftaran Online,
-          Fotocopi Kartu Mahasiswa,
-          Transkip Nilai dari semester 1 – 3  yang sudah dilegalisir,
-          Foto berpakaian almamater 4 x 6,
-          Surat keterangan tidak menerima beasiswa dari pihak lain dari fakultas.
-          surat Keterangan Aktif berorganisasi, dan
-          Sertifikat kegiatan & prestasi.
Sangat mudahkan sobat, hanya saja saya pada saat itu kerepotan untuk mengambil transkip nilai dari ketuaprodi karena untuk semester 1 belum semua nilai masuk, jadi ada 2 Mata Kuliah yang g’ terisi di KHS semester 1 ku, al hasil mempengaruhi IPK (Indeks Prestasi Komulatif)  semester 3 ku yang saat ini dapat 3,50. Tapi itu g’ jadi penghalang sobat, saya tetap mengirim data tersebut dengan harapan dapat lolos pada tahap ini.
 kami yang pada saat itu ada 4 orang mengirim  berkas  pada hari Kamis, 26 mei 2016 atau sehari sebelum batas deadline melalui  jasa pengiriman barang JNE dari Majene ke semarang al hasil sampainya pada hari senin, 30 Mei karena kantor tutup pada hari sabtu – minggu, sempat pesimis  sihh, takut berkasnya g’ diterima karena udah lewat batas deadlinenya. Tapi yang lain mensupport karena emang senasib,haha.
belum sampai disitu sobat, karena informasi ini kami dapat dadakan sehingga persiapan duitpun tidak sempat kami lakukan, seingat kami pada waktu pengiriman 4 berkas itu ada sekitar 1 kg lebih sehingga dianggap menjadi 2 kg dan membutuhkan dana kurang lebih 70 ribuan, masing-masing dari kami patungan menjadi 19 ribu perorang walau terbilang sedikit tapi  cukup memberatkan, karena kami uangnya terbatas, hahaha torii moo (kasian)

INFO KELULUSAN BERKAS
Nah dikatakan di web Resminya  akan di Infokan kelulusan pada tanggal 6 Juni 2016 atau paling cepat menerima Info kelulusan  Via SMS dan E-mail 10 hari sebelum test berlangsung yakni pada tanggal 16 Juni 2016. Saya sempat lupa nihh sobat tentang info kelulusannya karena berharap akan dapat info Via SMS tapi nyatanya sampai tanggal 14 juni atau 2 hari sebelum test berlangsung belum juga ada informasi kelulusan haha ngarep. Lalu pagi itu juga, saya kewarnet terdekat untuk membuka WEBnya dan mengecek nomor registrasiku, dan sambil sangat loading, jantungku jadi dumba – dumbaaa....
jen jjjreengggggg
Disitu tertulis “Mohon Maaf Anda Tidak Lolos”
Jelas saja timbul kekecewaan yang amat mendalam. Padahal berkas yang kukirimkan sudah lengkap... yaahhh jelas saja berbagai alasanpun timbul dibenakku kenapa sehingga g’ lolos seleksi berkas, mungkin karena sayanya semester 6, mungkin berkasnya g’ diterima karena telat ngirimnya, atau mungkin karena transkip nilaiku yang g’ lengkap. Mungkin... mungkinn mungkinnn seperti itu.
Untuk menghibur rasa kekecewaan saya bermain game yang ada dilaptop yakni game “Phanteon” yang senangtiasa menghibur,hehe.
Namun pada sore harinya ada telpon yang masuk Itu nomor telpon Rumah asal pare – pare, sulsel. Spontan saja saya angkat telepon tersebut dan terdengar Suara bapak – bapak yang berkata “Dengan Desy Andar Sari?? Saya Dari Panitia Djarum Beasiswa plus ingin menginfokan jika Anda lolos tahap Administrasi. Selanjutnya akan dilaksanakan test di Kampus UNSULBAR, jam 10.40 diruangan Lab.Komputer. berpakaian Rapi dan Almamater serta membawa berkas berupa:
-          Fotocopi Kartu Mahasiswa
-          Transkip Nilai semester 3
-          Surat Keterangan Aktif berorganisasi
-          Dan Surat keterangan tidak menerima beasiswa dari pihak lain”
Bagaimana dek Desy, sudah jelas kan??”
karena g’ nyangka spontan saya langsung saja menanyakan berbagai hal, seperti mengapa saya tidak dinyatakan lolos pada WEB resminya, mengulangi waktu pertemuan dan banyak hal lain. Itu karena saya terlalu gembira sehingga merasa g’ nyangka gitulahhhh... hahaha
HOREEEEEEeeee........

SELEKSI WAWANCARA
 kamis, 16 juni 2016 pukuk 08.00, diruangan lab.komputer UNSULBAR kami berkumpul. yang hadir cuma 3 orang karena yang dapat info jam 7.00 kegiatan yang dimulai cuma kami bertiga yang lainnya dapat info jam 10 bahkan jam 11 pagi sehingga banyak yang telat. pada saat diruangan kami dibagikan ini nihhh

kerenn kan sobatt... iyalahhh
baru ikut seleksi doank langsung dapat giniann, mantapp nii djarummm

-------------------------------- bersambung -------------------------------------------------
berlanjut ke halaman Season 2

Comments

Popular posts from this blog

Ini Fakta!!! Sulitnya Memimpin Organisasi

KKN UNSULBAR Gelombang VII angkatan 2016 Desa Sayoang

Gambar kata - kata bijak, sulawesi punya